tips wisata kuliner

Minggu, 04 Desember 2011

tips wisata kuliner

Pernah anda mencoba berlibur hanya untuk menikmati makanan khas suatu daerah saja. Mungkin anda pernah, atau bahkan anda belum pernah. Berlibur memang kurang lengkap jika anda tidak mencicipi kuliner suatu daerah yang anda kunjungi.  Nah, jika Anda berniat untuk melakukan perjalanan wisata kuliner, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

Alergi Makanan
Sebelum anda menikmati makanan yang tampak asing bagi Anda, pastikan dulu Anda telah mengetahui makanan tersebut terbuat dari bahan apa. Jika Anda punya sejarah alergi pada bahan makanan tertentu, Anda perlu menegaskan pada pelayan mengenai bahan yang terkandung di dalam masakan tersebut. Begitupula dengan kehalalan dari menu itu.

Halal atau Tidak
Sama halnya dengan alergi, pastikan menu yang Anda makan tidak mengandung bahan yang diharamkan. Cara yang paling aman adalah dengan makan di restoran vegetarian. Di beberapa daerah banyak menyajikan makanan tidak halal. Pastikan terlebih dahulu Anda mencari warung atau restoran yang bertuliskan ‘Halal’.

Makan Makanan Lokal
Pastikan Anda mencoba masakan khas daerah setempat. Cari tahu dari penduduk sekitar masakan apa yang menjadi keunikan daerah tersebut. Hal ini dapat membantu pariwisata dan pendapatan penduduk lokal.

Mana Resto yang Enak?
Seringkali saat ingin anda mencoba suatu restoran, kita ragu akan rasa menu yang ditawarkan. Karena itu, sebelum Anda berwisata, lakukan riset kecil-kecilan lewat internet. Cari tahu restoran mana yang direkomendasi.
tips wisata kuliner

Harga yang Cocok
Tampilan restoran terlihat mewah, belum tentu harga menunya mahal. Begitupula sebaliknya. Untuk masalah harga, tidak perlu malu untuk melihat-lihat menu terlebih dahulu. Jangan duduk, cukup berdiri dan minta menu pada pelayan. Katakan saja pada pelayan bahwa Anda ingin mengetahui terlebih dahulu menu apa yang disajikan. Lalu, intip harga-harga yang tertera pada menu.

Semoga bermanfaat…

7 komentar:

peradaban baru mengatakan...

muantab

annhee pitunggal mengatakan...

bkin ngilerr ajj,,,

Unknown mengatakan...

enak sambel gereh wae, oya, artikelnya dibanyakin dung

mardi hamzah mengatakan...

kok gak ada nasi uduk ya coba cari donk nasi uduk rasa rendangggg hahahahahah

09/12/11

Ahmad Burdah mengatakan...

ok nti di cariin nsi uduknya..klo gak ya bkinan sendiri..

abutsamra mengatakan...

yag penting rasanya enak,halal,dan yang paling penting rasa kantongnya passs.

bowo setiaawan mengatakan...

setuju tad, pokoknya halal hehe

Posting Komentar